Sarasehan Pegawai Direktorat dengan Direktur, Menjalin keakraban dalam menjiwai budaya Kerja 5R



03 Apr 2024




Direktorat Poltekkes Kemenkes Yogyakarta menyelenggarakan Kegiatan Rutin Tahunan, “Sarasehan Bersama Direktur” yang dilakukan pada Hari Senin Pon, 1 April 2024 di Ruang Nawasena Gedung G Lt. 6, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Kegiatan sarasehan merupakan kegiatan tahunan rutin di Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, yang dilaksanakan pada bulan Ramadhan dengan tujuan menjali keakraban serta wadah untuk mengutarakan pendapat tentang permasalahan apapun yang dirasakan oleh pegawai yang dapat disampaikan secara langsung kepada jajaran Pimpinan Direktorat yang dikemas dengan acara berbincang – bincang santai.

Beberapa pegawai dengan santai dan tetap santun menyampaikan beberapa permasalahan yang dirasakan, diantaranya yang dirasakan terkait dengan keadaan ruang kerja yang penuh dengan berkas – berkas pekerjaan. Keluhan ini diterima dengan baik oleh Bp. Dr. Agus Wijanarka, selaku Wakil Direktur II Poltekkes Kemenkes Yogyakarta sekaligus menjadi moderator dalam kegiatan tersebut. Keluhan itu pun merupakan bukti bahwa pegawai Direktorat Poltekkes Kemenkes Yogyakarta secara sadar menjiwai atau menginternalisasi Budaya Kerja 5 R sebagai simbol Poltekkes Kemenkeskes Yogyakarta sebagai Kantor Berhias. Pegawai ikut andil dalam menjaga predikat Kantor Berhias yang disandang oleh Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Budaya Kerja 5R itu sendiri adalah: Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, dan Rajin. Solusi permasalahan diberikan oleh beberapa pengelola terkait, diantaranya adalah melakukan Pemusnahan Arsip tiap tahunnya, serta alih media berkas/dokumen.

Bapak Direktur juga turut mengingatkan untuk terus melaksanakan Budaya Kerja 5R guna mendukung kinerja yang lebih baik. Alih media perlu segera dilaksanakan secara konsisten sehingga tidak ada lagi berkas hardfile yang menumpuk di meja dan ruang kerja. Penggunaan e-filling ditingkatkan Kembali. “Tahun ini akan diberlakukan open working space, sudah melakukan penambahan anggaran untuk pengalihan budaya kerja baru”, begitu disampaikan Bapak Direktur. Budaya kerja open working space pun akan segera diberlakukan, dimana hal itu dapat dilaksanakan, bila dengan konsisten melaksanakan terlebih dahulu Budaya kerja 5R.

Masukkan – masukkan lainnya dari pegawai juga ditampung dan dicatat untuk perbaikkan kinerja Bersama dilingkungan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Kegiatan sarasehan ditutup dengan buka puasa Bersama dilanjutkan dengan Tarawih Bersama.

Kontributor : Veronica Anin